Banyak para pakar marketing yang mempunyai definisi khusus terhadap event untuk marketing, bahkan tidak sedikit yang menyebutnya sebagai event marketing yang memiliki definisi sangat khusus. Misalnya Belch Belch (2012) yang mendefinisikan Event Marketing sebagai jenis promosi dimana perusahaan atau merek dikaitkan dengan suatu acara atau kegiatan yang memiliki tema dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman bagi konsumen dan promosi sebuah produk atau jasa. Kalau menurut Clow Baack (2014), Event Marketing adalah ketika perusahaan membayar sejumlah uang untuk mensponsori suatu acara atau program.
Sejatinya, sebuah event memang dibuat untuk memperkenalkan sesuatu dengan menciptakan suatu interaksi pada saat event yang berlangsung pada waktu yang singkat. Jadi ada 3 kata kunci utama dalam sebuah event, (1) memperkanalkan sesuatu, (2) interaksi, dan (3) waktu yang singkat.
1. Memperkenalkan Sesuatu
Event apapun itu, harus lah memperkenalkan sesuatu, baik itu suatu nama, suatu daerah, suatu keluarga, suatu program, suatu brand, suatu layanan, suatu produk, suatu kebijakan, dan lain sebagainya.
2. Interaksi
Pada suatu event, haruslah ada interaksi, bisa interaksi audience dengan suatu yang ingin diperkenalkan, atau juga interaksi antara audience. Pada kata kunci interaksi ini, intensitas dan keintiman interaksi sangat penting diperhatikan, dan inilah yang kadang menjadi bagian yang cukup sulit pada suatu event; membuat interaksi yang atraktif agar tercapai tujuan event.
3. Waktu Yang Singkat
Suatu event memang tidak perlu dibuat lama, apalagi sampai lebih dari satu tahun. Selain alasan biaya yang cukup besar, suatu event adalah bagian dari rangkaian campaign atau branding, bukan satu campaign atau branding yang berdiri sendiri. Karena itu event dibuat dalam waktu yang singkat. Nah, karena waktu yang singkat ini, mungkin hitungan hari atau bahkan hitungan jam, diperlukan sebuah strategi dan persiapan yang matang sehingga menghasilkan event yang atraktif, spektakuler dan memenuhi target-target yang ingin dicapai.
Itulah 3 kata kunci penting dalam sebuah event, terutama Event Marketing. Diskusikan dengan kami tentang kebutuhan event anda dan target-target yang akan dicapai, tim Leverage dengan senang hati akan membantu anda membuat sebuah rencana terbaik untuk mewujudkannya.